teks bolak-balik

SELAMAT DATANG DI BLOG ROSA

ciluk ba.....

Selasa, 15 Maret 2016

TERAPAN KOMPUTER PERBANKAN

            Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.
            Definisi Bank menurut Undang-Undang  RI Nomor 10 Tahun 1998 adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

Sedangkan menurut Hasibuan (2005:2), pengertian bank adalah: Bank adalah badan usaha yang kekayaannya terutama dalam bentuk aset keuangan (financial assets) serta bermotif profit juga sosial, jadi bukan hanya mencari keuntungan saja.

Selain itu Kasmir (2008:2) berpendapat bahwa bank merupakan lembaga keuangan yang kegiatannya menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan kemudian menyalurkan kembali ke masyarakat, serta memberikan jasa-jasa bank lainnya.

Berdasarkan ketiga pengertian di atas  dapat disimpulkan bahwa bank adalah usaha yang berbentuk lembaga keuangan yang menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki kelebihan dana (surplus of fund) dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat yang kekurangan dana (lack of fund), serta memberikan jasa-jasa bank lainnya untuk motif  profit juga sosial demi meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

           Jadi berdasarkan penjelasan dari dua sumber yang saya cari,  definisi computer dan bank dapat dikaitkan, menjadi terapan computer perbankan.
Terapan computer perbankan adalah perkembangan teknologi informasi sebagai unsur utama dalam proses produk maupun jasa, seperti pada di bank yang meliputi :
-           Adanya ATM
-         Adanya wadah pentrasferan uang via mobile
-          Adanya penggunaan database.

             Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih ini, maka hubungan antara nasabah dan pegawai bank akan semakin mudah dan cepat, misalnya menggunakan via email dan telepon.
            Pada dunia perbankan, perkembangan teknologi informasi membuat para perusahaan mengubah strategi bisnis dengan menempatkan teknologi sebagai unsur utama dalam proses inovasi produk dan jasa. Seperti halnya pelayanan electronic transaction (e-banking) melalui ATM, phone banking dan Internet Banking misalnya, merupakan bentuk-bentuk baru dari pelayanan bank yang mengubah pelayanan transaksi manual menjadi pelayanan transaksi yang berdasarkan teknologi.
Untuk membangun teknologi yang dapat mempermudah nasabah, atau client, disini pun ada juga pemilihan kriteria perangkat lunak agar dapat diterapkan pada dunia perbankan yaitu:
-kemudahan dalam pemakaian
-sistem keamanannya yang akurat
- aspek pemeliharaannya
-source code
-keluwesan
- serta kamampuan dokumentasi atau penyimpanan data.

Jika software yang kita terapkan sesuai kriteria, maka system perbankan pun akan berjalan dengan mudah, dan dapat menjadikannya nilai lebih dalam pelayanannya.
Secara umum pemilihan ini berdasarkan kesesuaian antara kapasitas bank dengan fasilitas atau kemampuan software yang akan dipilih sehingga investasi yang telah dikeluarkan benar-benar efektif dan memberikan nilai tambah terhadap bank.
Diadakannya terapan computer perbankan ini, bisa menjadi daya saing untuk bank yang lainnya, dimana jika bank sudah menerapkan teknologi yang sudah cukup canggih, maka dalam melayani nasabah ataupun client akan semakin cepat dan mudah.
Untuk saya sendiri pun dapat merasakannya, dengan diadakannya e-banking via mobile, kita dapat kemudahan untuk mengakses atau melakukan transaksi tanpa harus repot-repot datang ke banknya langsung, dengan itu pun kita dapat menghemat waktu.
Kemajuan teknologi di era modern ini, membuat segelintir orang maupun pengusaha memberikan kemudahan untuk para cliennya.

Fasilitas pengolahan data yang tersedia di bank saat ini merupakan hasil kemajuan teknologi dan kebutuhan untuk menjalankan operasi secara sistematis dan baik sesuai dengan aliran masuk dan keluar dana bank. Fasilitas tersebut berfungsi untuk menangani, memilih, menghitung, menyusun, melaporkan, dan mengirimkan informasi. Jadi penggunaan Teknologi Informasi di bank dimaksud adalah untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pengelolaan data kegiatan usaha perbankan sehingga dapat memberikan hasil yang akurat, benar, tepat waktu, dan dapat menjamin kerahasiaan informasi (sesuai peraturan Bank Indonesia).

Sumber:
https://fardiansyah7fold.wordpress.com/2012/04/02/pengertian-terapan-komputer-perbankan/

1 komentar: